Semakin
berkembangnya belanja online di Indonesia maka, dalam hal ini kami akan
membahas mengenai toko online yang ada di Indonesia. Berikut sejarah toko
online yang semakin merata di Indonesia.
Belanja
toko online di Indonesia semakin hari semakin menunjukkan
perkembangan yang signifikan. Belanja toko online, tidak hanya dimonopoli oleh
belanja barang, undangan, baju, pakaian dan linnya,
namun juga layananjasa seperti perbankan yang
memperkenalkan teknik e-banking. Melalui teknik e-bankin pelanggan dapat
melakukan kegiatan seperti transfer uang, membayar tagihan listrik, air,
telepon, Internet, pembelian pulsa, pembayaran uang kuliah dan lain sebagainya.
Belanja
toko online di Indonesia untuk pembelian suatu barang mengalami perkembangan
yang cukup pesat. Mulai dari situs yang menjual handphone, gitar, butik, toko buku, makanan, bahkan
hingga ke alat elektronik pun mulai dirambah oleh layanan belanja toko
online.
Blog
Salah
satu media yang menampilkan belanja toko online antar lain adalah blog. Blog merupakan
layanan web gratis dimana palaku usaha toko online menggunakan blog sebagai toko
online yang ia punya untuk menjual sekaligus mempromosikan barang dan
jasa yang ia tawarkan kepada calon konsumen. Karena sifatnya yang mudah di
kustomisasi oleh penggunanya, maka belanja toko online melalui media blog cukup
riskan karena pembeli cukup sulit mengetahui reputasi dari penjual. Biasanya
penjual mengunggah bukti bukti transfer yang ia miliki sebagai bentuk jaminan
kepada pelanggan bahwa ia merupakan penjual tepercaya.
Situs
web
Ada
banyak situs website yang menyediakan layanan belanja toko online baik web lokal
maupun web internasional. Biasanya terdapat keranjang belanja,
dimana calon pembeli dapat memilih produk yang akan dibeli. Selain dengan
keranjang belanja, pembeli juga dapat langsung menghubungi penjual agar
transaksi langsung dapat dilakukan melalui telepon atau email. Ada banyak hal
yang dapat dilakukan di layanan belanja toko online melalui web, diantaranya
yang terkenal adalah lelang. Lelang merupakan kegiatan belanja toko online
dimana pembeli menetapkan batas bawah suatu harga yang hendak dilelang,
kemudian sang pembeli yang tertarik dapat menawar (biasa disebut bidding)
sesuai kelipatan yang diajukan. Lelang biasanya
dibatasi pada periode tertentu sehingga pembeli dengan nominal tertinggi
dinyatakan berhak membeli barang yang ia inginkan sesuai dengan harga yang ia
ajukan.
Situs
Jejaring Sosial
Seiring
dengan maraknya pertumbuhan situs jejaring
sosial di dunia, media social networking ini juga dilirik
oleh pelaku belanja toko online untuk memasarkan produknya. Penjual akan
mengunggah barang yang ia tawarkan kemudian disebarkan melalui messaging atau
fitur photo sharing. Bentuk penawaran ini merupakan perkembangan dari mediakatalog yang
tadinya disebarkan dalam bentuk media
cetak per bulan, kini disebarkan melalui media katalog online yang
penawarannya dapat diupdate kapan saja.
Terimakasih
dengan adanya ini anda mengetahui sejarah toko online, sehingga anda akan
menginginkan untuk membuat toko online sediri yang dapat dikelola sendiri tanpa
ada yang melarangnya
Tidak ada komentar:
Posting Komentar